Powered by Blogger.

Wednesday 25 June 2014

Menjaga Kesehatan Pada Saat Berpuasa

Selamat Pagi
Bagi para umat muslim di dunia mungkin berpuasa sudah menjadi salah satu kewajiban terutama pada bulan suci ramadhan, namun untuk saat ini bulan suci ramadhan sudah kita lewati bersama tahun lalu. Namun tahukah anda bahwa berpuasa tidak harus dijalankan pada bulan suci ramadhan saja, Islam mengajarkan untuk senantiasa berpuasa di hari hari biasa seperti puasa pada hari senin dan kamis. Banyak faedah dan manfaat yang bisa kita ambil dari berpuasa, selain untuk melatih mental sabar juga baik untuk kesehatan jasmani. Terlepas dari itu kali ini saya akan berbagi tips supaya ibadah puasa anda bisa berjalan lancar. Berikut di bawah ini beberapa tips yang bisa anda lakukan:



1. Jangan tinggalkan sahur dan konsumsi makanan sehat
Mengawali puasa anda makan sahur sangat penting agar asupan gizi untuk tubuh anda tetap terjaga dan berfungsi dengan baik, oleh karena itu pilihlah menu sahur yang memiliki gizi, protein dan berserat tinggi. Alangkah baiknya anda hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, dan makanan yang diawetkan, karena ditakutkan nanti bisa memberi efek buruk di dalam proses metabolisme tubuh anda.

2. Cukup minum
Selain menahan lapar, tentunya saat berpuasa kita menahan haus dan dahaga. Oleh karena itu supaya untuk menjaga tubuh kita dari dehidrasi dan haus, minumlah air putih secukupnya saat sudah sahur dan menjelang imsak.

3. Berolahraga
Selama berpuasapun, tidak berarti kegiatan berolahraga berhenti total, justru disaat saat itulah manfaat olahraga akan sangat terasa manfaatnya, supaya kondisi peredaran darah dalam tubuh tetap terjaga dan tidak mudah letih serta badan selalu bersemangat. Pilihlah jenis olahraga yang ringan ringan saja seperti jogging, ataupun jalan santai, karena kalau olahraga yang terlalu berat dikhawatirkan kondisi badan anda akan tidak kuat. Sebaiknya lakukan olahraga di pagi hari ataupun saat menjelang berbuka. Hindari rokok dan kopi, hal ini supaya untuk menjaga kondisi anda selama berpuasa.

4. Jangan langsung tidur setelah sahur dan tidur siang yang cukup
Menurut Dr.H.Ari Fahrial Syam,SpPD, tidur setelah sahur dapat mengganggu proses sistem metabolisme tubuh anda. Sesaat setelah makan, makanan disimpan di dalam lambung dan ketika anda langsung tidur, makanan itu akan berbalik keatas lagi. Dan bila ini terjadi, makanan yang baru tiba di lambung akan berbalik kearah kerongkongan dan tentu saja akan ada asam lambung yang terbawa makanan itu sehingga tenggorokan terasa kering, panas dan terkadang bisa merasa mual dan ingin muntah. Hal ini bisa menjadi parah bila anda menderita penyakit maag.
Jika anda ngantuk berat dan terpaksa tidur, sebaiknya tidurlah setelah sahur sekitar 1-2 jam, posisi tidurpun jangan terlalu terlentang, hal ini untuk menghindari makanan yang sudah masuk ke lambung tidak berbalik ke tenggorokan. Kemudian tidur sianglah yang secukupnya untuk mengembalikan energi dalam tubuh anda, hindari tidur terlalu lama, hal ini untuk menjaga agar tubuh anda tidak mudah letih.

5. Segera berbuka puasa
Seperti yang disaranakan Rasululloh SAW bersegaralah berbuka puasa dan jangan menunda saat berbuka puasa, mengawali buka puasa anda, sebaiknya minum ari putih secukupnya dan makan buah kurma karena berkhasiat cepat mengembalikan kadar gula dalam tubuh kita. Hindari makan makanan yang berlebih karena itu tidak baik untuk pencernaan tubuh anda. Berbukalah secukupnya itu lebih baik. Hindari minum minuman yang dingin seperti es dan yang lainnya, karena itu tidak baik untuk peredaran darah dalam tubuh.

6. Sabar
Selain menahan lapar dan haus, pokok utama dalam menjalankan ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu. dan itu bisa kita laksanakan dengan menahan diri atau sabar, entah itu sabar menahan emosi, kesal, namun tentunya kita menjalankan segala perintahNYA pun harus dengan penuh kesabaran. Mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah tujuan utama beribadah, agar ibadah kita diterima dan diridhoi olehNYA. Amiin.

Demikian beberapa tips yang bisa anda jalankan untuk Menjaga Kesehatan Pada Saat Berpuasa

 

0 comments:

Post a Comment